flash vortex

Rabu, 03 Agustus 2011

merawat super kips

Motor ga mau diajak akselerasi......tarikan tersendat....laju motor serasa tertahan.... bila ketiga hal diatas pernah bro's alami pada ninja kesayangan jangan cemas.....ada jurus rahasia untuk menangkalnya. Penyakit yang terjadi karena kinerja super KIPS (Kawasaki Integrated Power-Valve System)-nya terganggu akibat kerak yang tertimbun.

EXHAUST VALVE
Pada dasarnya, super KIPS bekerja pada putaran mesin di atas 7.000 rpm. Namun ketika super KIPS yang bertujuan untuk mengatur sisa gas buang dan mengolahnya kembali macet, akan menimbulkan gejala seperti di atas. "Maka dari itu, power mesin yang dihasilkan jadi tidak sempurna," tutur Andi Agus, asisten manajer PT Zindo Utama, main dealer Kawasaki Jabotabek. Macet disebabkan karena adanya penumpukan kerak di guide valve dan exhaust valve atau reed valve. Bila hal tersebut telah terjadi, maka peranti ini tidak akan memutar shaft governor. "Ada dua kemungkinan yang terjadi, bisa macet di putaran atas atau di bawah," bilang Ridwan, salah satu mekanik bengkel tersebut.
Bila terjadi ketika gas dibetot pada putaran bawah, gejalanya mulai timbul ketika jarum takometer menyentuh 2.000 rpm. Namun jika macet pada putaran atas, posisi exhaust valve sudah sedikit membuka. Sehingga, gejala baru akan terasa di putaran tinggi (4.000 - 6.000 rpm). Untuk memastikannya, cek as governor dengan memutarnya pakai kunci 10 mm searah jarum jam (Gbr.01). Jika ternyata as tak mau berputar, maka lanjutkan dengan membersihkan super KIPS tersebut pakai cairan yang tidak mudah terbakar. Caranya, buka valve cover boot (Gbr.02). Teruskan dengan membuka lever governor, plat position dan retainer.
Itu adalah jurus rahasia untuk menangkal serangan tidak terduga pada Ninja kesayangan jika sudah terlanjur terinfeksi kerak. Namun sebelum terkena serangan, ada baiknya bro's mendahului mempersiapkan diri mencegahnya. Salah satu jurusnya adalah dengan memainkan putaran mesin di atas 7.000 rpm pada keadaan stasioner beberapa putaran (Gbr.04). Jurus lainnya, jalankan motor dengan putaran mesin tinggi pada gigi rendah beberapa saat. "Pastikan oli samping yang digunakan adalah low smoke," pesan Andi. Karena, oli jenis low smoke lebih mudah terbakar. Sehingga, kerak tak mudah timbul.
So....dengan jurus-jurus rahasia tadi bro's sekarang bisa menghilang lagi di kerumunan dengan ninja kesayangan........nggiiinggg.......
Sumber : Otomotif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar